Minggu, November 30, 2014

Pale Moon Browser, Versi Ringan dari Firefox

Asssalamualaikum.

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang Palemoon, salah satu browser yang dibuat dari lisensi open source Firefox. Seperti yang saya sebutkan pada judulnya, browser ini dikembangkan oleh pengembang dari Belanda yang bernama Moonchild (M.C. Straver). Browser ini dibuat oleh pengembangnya lebih ringan dari Firefox karena menanggalkan beberapa fitur yang dianggap tidak terlalu penting.




Bila dilihat dari user interface nya, Pale Moon ini mirip dengan Firefox. Hampir semua add on maupun scrip yang berjalan di Firefox dapat berjalan baik di  Pale Moon ini. Ini adalah salah satu alasan mengapa Firefox dan web browser sejenisnya diminati, karena pengguna dapat memodifikasi browsernya dengan mudah.

Adapun beberapa keunggulan dari browser ini adalah;
1. Lightweight. Bahasa Indonesianya adalah "ringan", mengapa? Karena Palemoon ini menggukan memori/RAM komputer yang lebih sedikit dibanding dengan Firefox. Saya melihat bahwa saat mulai dipakai Pale Moon memakai memori sekitar 150-190 MB.


2. Ful Kostumisasi. Sama halnya dengan Firefox, Pale Moon juga menggunakan Add On maupun script yang memiliki banyak jenis dan fungsi. Add On maupun Script ini seringkali digunakan untuk mendapatkan pengalaman berselancar yang nyaman, bebas iklan dan semacamnya.

3. Optimal untuk Intel Atom. Tidak seperti Firefox, pengembang Pale Moon membuat salah satu varian Pale Moon yang sudah dioptimasi untuk penggunaan Intel Atom dan Windows XP. File installernya pun lebih kecil dari varian Pale Moon yang biasa. Jadi browser ini cukup ramah untuk PC yang sudah berumur ataupun menggunakan prosesor hemat energi seperti Intel Atom.

Demikian pembahasan saya mengenai Pale Moon Web Browser, bila anda ingin mencobanya anda dapat menuju ke situs resmi Palemoon 


0 komentar:

Posting Komentar