Jumat, November 28, 2014

Ulasan Singkat Opera Mini Beta Terbaru v 8.0.1

Assalamualaikum...

Cukup lama juga bagi opera untuk meluncurkan versi terbaru dari opera mini beta terbaru untuk platform android ini. Opera bisa dikatakakan agak "lelet" dalam merilis atau memperbarui software mereka. Ini setidaknya salah satu kekecewaan kecil bagi penggemar salah satu browser terbaik di jagat mobile ini.

Terakhir, kalau saya tidak salah, opera merilis sekitar 2 bulan yang lalu versi stabil dari opera mini untuk android yaitu versi 7.6.1. Beberapa orang di playstore mengeluh karena bug download dari Opera Mini 7.6.1 sehingga saya memutuskan untuk mendowngrade dan menggunakan opera mini yang versi 7.6.0.

Kemarin saya sempat menjajal Opera Mini beta terbaru ini, saya akan membahas beberapa perubahan yang ada di browser ini.
1. Startup. Tampilan awal ketika selesai proses instalasi cukup menarik karena opera menampilakan loading animation yang interaktif berupa riak air merah yang terisi penuh untuk huruf O yang biasa menjadi icon Opera Mini.

2. Tampilan awal dari opera sendiri banyak yang berubah atau mengalami sedikit modernisasi dengan warna dominan putih. Home page tertampil secara default dan kita dapat beralih ke tab speed dial dengan cara mengusap layar. Tombol nya agak sedikit berbeda dengan hadirnya tombol menuju "speed dial" yang menggantikan tombol "refresh/reload" pada versi sebelumnya. hal lain yang terlihar berbeda yaitu hilangnya kolom search digantikan dengan kolom alamat yang berfungsi ganda sebagai kolom search juga.


3. Apabila kita menekan tombol Opera (icon huruf O merah) kita juga akan melihat tampilan dominan putih yang lebih sederhana. Pemakaian data dan hasil kompresi opera mini akan tampil dominan beserta tombol exit, share, find, history, download, dan setting.


4.  Tampilan menu setting juga didominasi dengan warna putih. Saya tidak menemukan menu opera link yang sangat berguna untuk menyinkronkan bookmark ataupun speeddial yang kita simpan pada produk opera lainnya. Ini merupakan salah satu kekurangan mengingat kita perlu mengatur dan meload lagi bookmark dan speeddial yang baru pada opera mini beta terbaru ini.


5.  Fitur baru yang muncul pada Opera Mini Beta terbaru ini adalah pilihan layout yang bisa diubah-ubah sesuai dengan keinginan.


6. Sayangnya, sama halnya dengan Opera Mini 7.6.1 opera mini beta terbaru ini juga mengalami kegagalan dalam mendownload file. Mudah-mudahan hal ini cepat ditangani oleh pihak pengembang aplikasi ini.


Itulah beberapa perubahan yang dapat saya perhatikan di Opera Mini beta terbaru ini. Dapat saya simpulkan bahwa keunggulan software beta terbaru ini terletak di modernisasi tampilan yang tampak lebih sederhana dan bersih ditambah fitur baru penggantian layout. Kekurangannya cukup fatal karena masih saja berkutat di masalah dalam mendownload file.

0 komentar:

Posting Komentar