Rabu, Desember 03, 2014

Fitur Android VS iOS

Beralih dari Android? Sebaiknya pikir-pikir dulu. Saya tidak akan memberitahu Anda bahwa iPhone menyebalkan. Tidak, Iphone ini adalah ponsel yang menarik, smartphone apik dengan banyak poin plus. Sangat mudah untuk tergoda oleh fitur yang dimilikinya seperti Touch Id. Tingkat pemolesan user interface yang halus oleh iOS kadang-kadang memiliki tampilan yang lebih baik daripada tampilan yang ada di Android. Ini mungkin adalah ponsel yang tepat untuk banyak orang, tetapi bagi sebagian dari kita, pengalaman Android tidak dapat tertandingi.


Jika menggunakan perbandingan hubungan, iPhone adalah calon pasangan yang cantik, tapi ingin Anda ubah. Sedangkan android akan menerima dan mencintai siapapun Anda.

Inilah apa yang akan Anda tidak dapatkan jika Anda pernah memutuskan untuk meninggalkan Android dan memilih iPhone.

1. Kustomisasi dan pilihan yang banyak


Ini selalu menjadi nilai tambah besar bagi Android. Anda dapat mencampur dan mencocokkan aplikasi dan widget, sesuai dengan yang Anda suka, untuk menciptakan tampilan yang benar-benar unik untuk homescreen Anda. Anda bahkan dapat mengatur widget dan shortcut aplikasi pada layar kunci Anda. Anda memiliki berbagai pilihan yang berbeda dalam metode unlock dan pilihan kustomisasi secara default, juga terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga dan launcher yang memungkinkan Anda untuk mengubah setiap aspek estetika, termasuk animasi dan tata letak.

Dengan iPhone Anda memiliki daftar aplikasi diinstal. Anda dapat memilih foto latar belakang dan membuat folder aplikasi, tapi hanya itu. Apple telah menambahkan "widget" ke Notification Center, tapi itu berarti anda perlu membuka itu dan memilih tab Today untuk menemukannya.

Di Android, widget adalah tentang bagaimana semuanya dapat dilihat dengan sepintas, sehingga Anda dapat melihatnya di layar kunci atau layar awal dan langsung menemukan info yang Anda inginkan. Widget ini juga dapat diubah dalam berbagai gaya yang berbeda dan dapat disesuaikan ukuran, warna, font, dan tentu saja, data yang ditampilkan.

Jika Anda termasuk orang yang suka menghabiskan waktu untuk mengutak atik tampilan, fungsi lockscreen dan homescreen Anda pada Android, Anda pasti akan melewatkannya hal diatas.

2. Aplikasi dan layanan Google


Kehadiran beberapa layanan Google di iOS ada sejak iPhone pertama kali diluncurkan, meskipun secara bertahap diganti dalam beberapa tahun terakhir. Ada beberapa aplikasi seperti Google Keep dan tidak didapatkan pada iPhone, tapi aplikasi dan layanan yang hadir pada iphone ini tidak dapat dibandingkan dengan yang ada pada Android. Jika Anda ingin mendapatkan layanan yang terbaik dari Google Now, Chrome, Gmail, Google Maps, dan yang lainnya, maka Anda harus menggunakan perangkat Android.

Ini adalah sebuah keputusan besar sepanjang sejarah yang dilakukan Google untuk menambah nilai lebih pada versi Android dalam AOSP (Android Open Source Project). Aplikasi dan layanan Google telah meningkatkan lebih cepat daripada sebelumnya.
 
3. Sistem Penyimpanan yang lebih terbuka


Dengan perangkat Android Anda benar-benar dapat melihat struktur file, sesuatu yang Apple sengaja coba untuk sembunyikan. Anda biasanya akan menemukan file manager terinstal default pada Android Anda, tetapi jika tidak ada, maka kita akan mendapatkan sangat banyak di Play Store secara gratis. Ini akan menjadi konsekuensi bagi sebagian orang, tapi banyak penggemar Android menikmati kemampuan telepon atau tablet mereka yang dapat dengan mudah memindahkan file ke dalam folder di mana mereka inginkan.

Beberapa orang menyukai iTunes. Saya memang tidak pernah bertemu mereka, tapi saya yakin mereka ada. Secara teori hal ini membuat semuanya menjadi lebih sederhana, tapi inilah yang membuat anda tergantung pada PC Anda, suatu saat anda ingin up to date, tetapi kemampuan anda terbatas akibat iTunes ini.

4. Pemberitahuan/Notifikasi


Sistem pemberitahuan Android adalah bisa dikatakan sangat dekat dengan kata sempurna. Saya pikir pemberitahuan Android ini sederhana dan kurang mengganggu, tapi tentu tidak semua orang akan setuju.

Anda punya daftar pemberitahuan yang masuk dan Anda dapat memeriksa mereka secara langsung atau memberhentikan mereka. Ikon kecil di status bar menunjukkan apa yang menanti Anda dan berfungsi sebagai pengingat bahwa mereka masih belum dibuka. Jika Anda tidak ingin aplikasi untuk memberitahu Anda maka kita dapat mematikan pemberitahuannya. Anda juga dapat memilih untuk melihat mereka di lockscreen. Di Android 5.0 Anda bahkan dapat mengatur prioritas pemberitahuan yang penting bagi Anda.

Apple membawa sistem serupa ke iOS 5 saat diluncurkannya Notification Center. Ia bekerja dengan cara yang sama dan seperti biasanya, tidak menawarkan beberapa pilihan kustomisasi yang bagus. Alih-alih ikon di status bar Anda mendapatkan banner pop-up dan counter merah kecil di atas ikon aplikasi Anda. Ini juga dapat diakses dari layar kunci.  

5. Fitur dan Aplikasi Bawaan Android

Mungkin jumlah aplikasi Android sedikit lebih banyak daripada iOS, tapi ini bukan merupakan sebuah keuntungan. Tidak banyak aplikasi Android yang Anda tidak dapat temukan di App Store, namun beberapa hal ini memberikan fakta hilangnya mereka akan menjadi masalah besar bagi pengguna.

Apple baru saja memperkenalkan penggunaan keyboard pihak ketiga ke iOS namun jauh sebelum Apple melakukan ini, Android sudah sejak lama memungkinkan Anda mengatur aplikasi pihak ketiga ini sebagai default dalam segala hal. Anda yang berhak memutuskan aplikasi pesan apa yang Anda pakai, apa yang Anda cari, dan apa browser anda. Google tidak memutuskannya untuk Anda.

Kontrol yang ketat ini adalah salah satu alasan mengapa beberapa aplikasi Android mungkin tidak akan tersedia pada iOS. Seperti aplikasi otomatisasi seperti Tasker, floating chat yang dapat digunakan di mana saja seperti HoverChat atau bahkan Facebook Chat, aplikasi seperti Light Flow untuk men-tweak LED Anda, pemutar video gratis yang dapat menangani berbagai macam format, emulator, klien torrent, dan lain-lain.

6. Rooting dan modifikasi


Untuk beberapa orang, kemampuan root dan modifikasi ini adalah suatu hal yang tak tertandingi. Anda dapat mengakses dan men-tweak setiap aspek perangkat Android Anda untuk mendapatkan setup yang tepat yang Anda inginkan. Ada sebuah komunitas modding yang besar dan membahas segala hal dengan berbagai macam pilihan yang menarik. Forum XDA Developers adalah tempat terbaik untuk memulai jika Anda belum pernah mengeksplorasi Android.

Anda dapat jailbreak iPhone, tetapi Anda tidak akan pernah mendapatkan kontrol mutlak seperti yang Anda dapat lakukan dengan Android.
 
7. Kemampuan Android yang lain

Dengan iPhone, Anda hanya benar-benar akan menikmati pengalaman terbaik, pengalaman yang Apple hadirkan. Tetapi fitur seperti Handoff hanya bekerja jika Anda memiliki Mac, iPhone, dan iPad. Anda bahkan tidak dapat menggunakan pengisi daya keluaran lama untuk iPhone Anda, seperti yang Anda dapat lakukan dengan Android.

Ada hal-hal lain yang mungkin Anda dapatkan dengan perangkat Android Anda, tergantung pada mana yang Anda pilih. Pilihan Anda iPhone sangat terbatas sedangkan pilihan Anda untuk smartphone Android lebih banyak. Anda harus melakukan pekerjaan rumah Anda untuk mendapatkan alat yang tepat, tetapi dengan lebih banyak pilihan membuat android lebih cocok untuk Anda.

Sangat penting bagi anda jika Android yang anda miliki punya penyimpanan luas atau baterai dilepas. Anda bisa mendapatkan perangkat dengan daya tahan baterai yang luar biasa, dan Anda dapat berbuat lebih banyak untuk men-tweak baterai dan juga perangkat lunak Android anda. Beberapa perangkat Android datang dengan fitur-fitur seperti split screen, yang berjalan baik untuk perangkat yang lebih besar.

Intinya adalah, bahkan ketika ada sesuatu hal yang tidak tersedia di Android Anda dengan mudah dapat melengkapinya, tetapi Anda tidak bisa melakukan hal yang sama pada iPhone.

Source

0 komentar:

Posting Komentar