Minggu, Januari 01, 2012

Perbandingan Music Player, AIMP vs Winamp

Assalamu'alaikum...
Kali ini saya akan mengkomparasi 2 pemutar musik kaya fitur dengan lisensi freeware, yaitu AIMP versi 2.61 dengan Winamp versi 5.623. Mungkin banyak yang hanya mengenal Winamp
tetapi bukan berarti software ini adalah yang terbaik. MAsih bayak aplikasi pemutar file audio yang lain seperti AIMP dan kali ini saya akan mengkomparasi secara singkat kedua software tersebut.

Saya mulai dengan file instalasi, AIMP lebih ringan dengan hanya memuat sekitar 7.8MB sedangkan untuk Winamp mempunyai ukuran 15,9 MB. Hal ini juga akan berdampak pada saat instalasi tentunya. Ketika diinstal, AIMP tidak mempunyai mode pilihan instalasi yang seperti terdapat pada Winamp. Di Winamp sendiri memunyai 4 mode pilihan instalasi yaitu Full, Standart, Lite, dan Custom. Saya menginstalnya dalam mode Standart.

Mengenai ukuran setelah instalasi, pada folder program files Winamp memakan lebih banyak ukuran penyimpanan yaitu sekitar 52 MB sedangkan untuk AIMP  hanyamemuat sekitar 9.5 MB.

Sekarang saya akan membahas tentang besarnya memory yang digunakan saat aplikasi berjalan. Dilihat dari task manager Winamp nampaknya lebih boros memakan memory daripada AIMP.

Fitur.
Jika dilihat dari fitur standar dari pemutar musik, keduanya nampak mumpuni dalam menyediakannya. Hampir semua tool-tool yang diperlukan terdapat dalam kedua aplikasi ini, mulai dari fitur playback, playlist, perpustakaan audio, informasi file, kemudahan akses terhadap file yang dimainkan, pilihan ekualiser, dan lain-lain.

Kesimpulan
Jika dilihat dari aspek performa, AIMP boleh dibilang lebih unggul dari winamp dengan resource yang lebih minim, tetapi untuk yang mempunyai komputer dengan spesifikasi yang tinggi saya kira ukuran yang "besar" dari Winamp bukanlah sebuah masalah.
Teman-teman dapat mengunduh 2 aplikasi di atas lewal link berikut:

0 komentar:

Posting Komentar