Rabu, November 26, 2014

Review Antivirus: Baidu Antivirus

Assalamualaikum...

Akhirnya setelah sekitar 3 tahun absen ngeblog, rasanya rindu juga untuk berbagi lagi tentang sedikit pengetahuan yang saya miliki.

Ok, kali ini saya akan membahas sedikit tentang antivirus baru yang saya gunakan yaitu Baidu Antivirus. Baidu Antivirus ini sudah saya pasang di ASUS 1215P saya. Sebenarnya agak berat hati juga untuk mengganti Avira yang sudah sejak SMP saya gunakan di pc saya. Avira sudah saya uninstal sekarang dan beralih mencoba Baidu AV ini.




Kemarin saya sempat membaca berita tetang si Baidu ini yang dapat penghargaan dari salah satu situs yang mereview kinerja beberapa antivirus yaitu av-comparatives.org. Si Baidu ini baru saja dapat penghargaan "Advance+" di dalam pengujian "Performance Test" dari AV Comparatives bulan November. Sebenarnya penghargaan ini ada beberapa kategori dan di kategori Performance Test ini Baidu memperoleh peringkat ke 7. Ini merupakan suatu loncatan besar mengingat Baidu ini baru sekitar setahun diluncurkan. Test ini memberikan gambaran sejauh mana antivirus mempengaruhu atau memperlambat kinerja dasar komputer seperti dalam hal copy-paste, mendownload, mengarsip, mengkoding video

 (Tampilan Awal Baidu Antivirus)

Setelah membaca sedikit tetang AV ini saya mencoba menghinstalnya di komputer saya. Langsung saja saya download dari filehorse.com, ukurannya sekitar 20 MB, lumayan kecil untuk ukuran antivirus. Saya langsung menginstalnya dan hanya memakan waktu beberapa detik saja dan AV ini sudah bekerja. Ini adalah salah satu keunggulan lain yang dimiliki Baidu AV ini. Buat para pemakai yang awam mungkin agak kerepotan tentang step-step instalasi program yang biasa membingungkan.

 (tampilan Skin yang bisa diganti-ganti)

Keunggulan kedua yaitu dari segi UI (user interface) atau tampilan antarmuka. Tampilan baidu ini dilengkapi dengan kemampuan mengganti skin yang jarang ditemui pada progran security semacamnya. Keunggulan ketiga yang dimiliki adalah Avira Engine, yah mungkin semacam teknologi pengenalan antivirus dari Avira yang sudah melanglang buana di dunia IT Security. Keunggulan selanjutnya yaitu Baidu ini dilengkapi dengan beberapa plugin yang bisa diunduh secara gratis seperti fitur adblock dan trafic monitor. Salah satu yang minus dari AV ini menurut saya adalah cara updatenya yang harus langsung terhubung dengan internet, berbeda dengan Avira yang updatenya bisa di download terpisah kemudian diinstalkan ke beberapa komputer.



 (fitur tambahan Baidu AV)

Oke, karena saya sudah memaparkan beberapa keunggulannya saya kira ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi beberapa pengguna komputer yang ingin memiliki antivirus yang handal namun tidak memperlambat kinerja komputer itu sendiri. Sekian

0 komentar:

Posting Komentar